Minggu, 19 Desember 2010

Antoine Henri Becquerel

Antoine Henri Becquerel dilahirkan di Paris tanggal 15 Desember 1852. ia seorang anggota keluarga terpelajar dan ilmuwan terpandang. Ayahnya, Alexander Edmond Becquerel, adalah seorang professor Fisika Terapan yang pernah melakukan riset mengenai radiasi matahari dan fosforesen. Sedangkan Antoine Cisar, kakeknya, adalah anggota Perkumpulan Royal dan penemu metode elektrolisis untuk menguraikan logam dari bijinya. Ia masuk politeknik pada tahun 1872, kemudian masuk bagian Pontset-Chaussees pada tahun 1874. ia menjadi insinyur pada tahun 1877 dan dipromosikan menjadi kepala insinyur pada tahun 1894. tahun 1988, ia mendapat gelar Doktor dalam bidang sains. Dari tahun 1878, ia menjadi asisten di Museum sejarah Alam (Conservatoire des Arts et Metiers), menggantikan ayahnya, sebagai Ketua Fisika Terapan. Tahun 1892, ia diangkat sebagai Profesor Fisika Terapan di Bagian Sejarah Alam di Museum Paris. Ia menjadi dosen di politeknik tahun 1895.

Penelitian pertama Becquerel adalah mengenai polarisasi bidang cahaya, dengan fenomena fosforesen. Tesis doktoralnya adalah mengenai penyerapan cahaya oleh kristal. Ia juga meneliti magnetisme teresrial. Pada tahun 1896, penelian awalnya dipengaruhi penemuannya mengenai fenomena radiaktivitas alamiah. Melanjutkan diskusi dengan Henri Poincare mengenai radiasi yang baru ditemukan Rontgen (Sinar-X) dan keinginan untuk mengetahui fosforesen dalam tabung hampa, Becquerel memutuskan untuk meneliti apakah ada hubungan antara fosforesen yang terjadi secara almiah dengan Sinar-X. ia mewarisi garam uranium dari ayahnya, yang menjadi fosforesen bila disorot cahaya. Ketika garam uranium diletakkan didekat plat fotografis yang ditutupi kertas opak, plat tersebut ternyata berembun.

Fenomena tersebut ditemukan pada sebuah garam uranium yang diteliti, sehingga disimpulkan sebagai sifat atom uranium. Kemudian, Becquerel memperlihatkan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh uranium, yang sejak lama dinamai sesuai nama penemunya, menyebabkan gas berionisasi. Cahaya ini dibedakan dari Sinar-X karena dapat dibelokkan oleh medan listrik atau magnet. Atas penemuannya mengenai radioaktivitas spontan, Becquerel mendapat setebgah Hadiah Nobel Fisika tahun 1903, dan setengahnya lagi diberikan kepada Pierre dan Marie Curie atas penelitiannya mengenai radiasi Becquerel.

Becquerel mempromosikan penemuannya dalam banyak makalah, terutama makalahnya yang berjudul Annales de Physique et de chimie dan Comptes Rendus de l’Academie des Sciences.

Ia terpilih sebagai anggota Akademi Sains Perancis tahun 1889 dan menggantikan Berthelot sebagai sekretaris badan tersebut. Ia juga menjadi anggota Akademi Lincei dan Akademi Royal Berlin. Ia mendapatkan penghargaan Pegawai Legiun pada tahun 1900.

Ia menikah dengan Janin, anak seorang Insinyur sipil, dan mempunya seorang anak laki-laki bernama Jean, yang lahir tahun 1878. Ia menjadi fisikawan yang juga ilmuwan generasi keempat dalam keluarga Becquerel.

Antoine Henri Becqurel meninggal dunia di Le Croisic tanggal 25 Agustus 1908.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar